Selasa, 01 Januari 2019

Bank Indonesia Akan Luncurkan Kartu Untuk Pembayaran Semua Transportasi

Bank Indonesia Akan Luncurkan Kartu Untuk Pembayaran Semua Transportasi


Kepala BPTJ Jabodetabek Bambang Prihartono mengatakan semua pembayaran nontunai untuk transportasi umum akan diintegrasikan.

"Bank Indonesia (BI) akan menerbitkan [satu kartu terintegrasi] pada bulan April. Semua kartu adalah loop terbuka, sehingga dapat digunakan untuk setiap moda transportasi," kata Bambang di Terminal Pondok Cabe, Senin, 31 Desember.

Kartu pembayaran akan berlaku untuk kereta MRT yang diskusi tentang sistem dan harganya masih berlangsung. Menurut Bambang, uang elektronik yang saat ini menggunakan sistem Java Chip dapat digunakan untuk membayar tiket MRT dan LRT.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kemudian akan menerbitkan peraturan tersebut, dan itu akan diaudit oleh Bank Indonesia, tambah Bambang. "Menteri sudah menghubungi Bank Indonesia bahwa ada persyaratan yang harus dipenuhi semua operator," katanya.

Kepala biro ekonomi Jakarta Sri Haryati mengatakan, pemerintah Jakarta sedang menyiapkan keputusan gubernur tentang penerapan sistem pembayaran yang disebut pengumpulan tarif elektronik (EFC) yang mengatur metode pembayaran dan pelaksanaannya.

Pemerintah Jakarta memutuskan untuk membentuk usaha patungan dari tiga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang mengelola tiga transportasi yaitu MRT Jakarta, LRT Jakarta, dan Transjakarta.

0 komentar:

Posting Komentar