Kamis, 20 Juni 2019

Kabupaten Sarmi Papua Diguncang Gempa

Kabupaten Sarmi Papua Diguncang Gempa


Gempa tektonik berkekuatan 5,6 Skala Richter terjadi di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin, 17 Juni 2019, pukul 12.43 pagi Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Kepala Stasiun Geofisika Kampung Baru di Kupang, Robert Owen Wahyu, mengatakan bahwa berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), informasi awal mencatat gempa berkekuatan 5,6, yang kemudian dimodifikasi menjadi 5,4 magnitudo.

Pusat gempa terletak di 8,94 derajat lintang selatan dan 123,01 bujur timur, atau lebih tepatnya di laut, 68 kilometer selatan Kota Larantuka, Flores Timur, dengan kedalaman 118 kilometer.

Berdasarkan lokasi dan hiposentrum gempa, gempa dengan kedalaman sedang disebabkan oleh subduksi lempeng Indo-Australia dengan lempeng Eurasia (thrust fault).

Getaran dilaporkan terasa di beberapa daerah dengan intensitas berbeda; Lembata, Ende dengan intensitas skala MMI III-IV, Wangipau, Larantuka, Alor dengan intensitas skala MMI II-III, Kupang, Rote dengan intensitas skala MMI I-II.

"Tidak ada laporan kerusakan setelah gempa," katanya.

Selain itu, laporan ini tidak akan menyebabkan tsunami, dan pada pukul 13:08 WIB, tidak ada gempa susulan. "Masyarakat diminta untuk tetap tenang dan tidak dipengaruhi oleh informasi yang tidak berdasar," Robert menggarisbawahi.

0 komentar:

Posting Komentar