Kamis, 01 Agustus 2019

BMKG Mendeteksi Ratusan Titik Panas Di Sumatera

BMKG Mendeteksi Ratusan Titik Panas Di Sumatera


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) mengatakan bahwa pengamatan satelit terbaru mereka pada Kamis pagi hari ini menunjukkan 264 titik panas yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan di Sumatra.

Stasiun BMKG di Pekanbaru menunjukkan Riau sebagai provinsi dengan titik api terbanyak dengan 126 lokasi. Lainnya termasuk Jambi (53), Sumatera Selatan (30) Bangka Belitung (14), Lampung (19), Kepri (8), Sumatera Utara (5), sementara itu, Bengkulu, Aceh, dan Sumatera Utara memiliki 3 titik api.

“Jumlah hotspot di Riau telah meningkat secara eksponensial dibandingkan dengan satu hari yang lalu, sebagian besar di Pelalawan,” kata staf analis BMKG Pekanbaru Bibin.

Situasi ini menyebabkan Kota Pekanbaru diliputi asap yang diprediksi berasal dari Pelalawan dan diterbangkan angin dari wilayah Tenggara. Daerah ini mengalami kekeringan.

Komandan petugas pemadam kebakaran lokal di Satgas Karhutla Satgas kebakaran hutan dan lahan Edwar Sanger mengatakan bahwa seluruh personel, darat, dan udara, tanpa henti berupaya untuk memadamkan hotspot .

0 komentar:

Posting Komentar