Minggu, 06 Oktober 2019

Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan Mengunjungi Wamena

Panglima TNI Hadi Tjahjanto akan Mengunjungi Wamena


Panglima TNI (Komandan TNI) Marshall Hadi Tjahjanto membenarkan bahwa sekolah-sekolah di Wamena , Papua, akan dibuka kembali pada Senin (7 Oktober) menyusul pemulihan keamanan di wilayah tersebut.

"Menurut informasi, mulai Senin (7 Oktober), sekolah akan kembali normal di Wamena," kata Tjahjanto setelah upacara peringatan ulang tahun TNI yang ke-74 pada hari Sabtu.

Menurut Tjahjanto, penduduk setempat khawatir atas sekolah yang terganggu setelah kerusuhan di Wamena dan tertarik untuk menyaksikan kenormalan yang dipulihkan dalam proses belajar untuk anak-anak dari sekolah dasar dan menengah.

Kepala militer menunjukkan bahwa orang Papua tidak mendukung orang non-Papua meninggalkan Wamena, Ilaga, dan Oksibil.

"Beberapa orang Papua tidak ingin orang non-Papua kembali ke kampung halaman mereka. Mereka (orang Papua) ingin orang non-Papua tetap tinggal di Wamena, Oksibil, dan Ilaga," katanya.

Tjahjanto menegaskan bahwa TNI telah mengerahkan pasukannya untuk mendukung Kepolisian Indonesia dalam mengamankan beberapa daerah di Papua, termasuk Jayapura dan Wamena .

"Tujuannya adalah untuk memberikan kepercayaan kepada orang-orang di Wamena, Ilaga, dan Oksibil bahwa kita akan terus menjaga keamanan, sehingga kegiatan ekonomi akan berjalan dengan lancar," katanya.

Upacara, dimeriahkan oleh sejumlah atraksi, parade militer, dan konvoi sistem persenjataan TNI, dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan pejabat tinggi yang terdiri dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani, Kepala Daerah. Dewan Perwakilan (DPD) La Nyalla Mattalitti, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Bambang Soesatyo, dan Wakil Presiden terpilih KH Ma'ruf Amin.

Para hadirin pada upacara tersebut juga terdiri dari mantan presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono serta mantan wakil presiden: Try Sutrisno, Hamzah Haz, dan Boediono.

0 komentar:

Posting Komentar