Rabu, 10 Juli 2019

Pemerintah Akan Menutup 2 Ribu Sekolah Kejuruan

Pemerintah Akan Menutup 2 Ribu Sekolah Kejuruan


Direktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan M. Bakrun mengatakan sekitar 2.000 SMK akan ditutup karena kualitasnya yang buruk. Dia mengatakan ada 14.000 institusi dan 5 juta siswa.

“Kami akan menurunkan jumlah sekolah kejuruan berkualitas rendah yang memiliki jumlah siswa sedikit,” kata Bakrun saat pidato pembukaan dalam kompetisi siswa di Jogja Expo Center (JEC), Bantul, Yogyakarta, Selasa, 9 Juli.

Dia menambahkan bahwa sekolah-sekolah yang akan ditutup adalah mereka yang memiliki kurang dari 60 siswa mengingat kesulitan dalam manajemen pendidikan, dan ada 2.000 sekolah seperti itu di seluruh negeri.

“Kami menetapkan target untuk menurunkan jumlah sekolah, tetapi menambah jumlah siswa. Kami memperkirakan akan menurunkan jumlah sekolah menjadi 12.000, ”katanya.

Meskipun demikian, kementerian bertekad untuk meningkatkan jumlah siswa sekolah menengah kejuruan. “Mudah-mudahan, akan ada 6 juta siswa dalam lima tahun ke depan,” kata Bakrun.

Selain itu, kementerian terus mendorong kerjasama dengan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan kemampuan siswa karena SMK memiliki peluang tinggi untuk mengembangkan potensi masing-masing daerah.

Bakrun melanjutkan dengan menyebutkan sudah ada sejumlah sekolah kejuruan yang  dikembangkan berdasarkan potensi daerah. Misalnya, sekolah kopi di Jawa Barat, sekolah bakau di Sulawesi Selatan, dan sekolah kelapa sawit di Riau.

Pemerintah Akan Menutup 2 Ribu Sekolah Kejuruan

0 komentar:

Posting Komentar