Selasa, 17 September 2019

Jokowi: Kami Melakukan Segala Upaya untuk Mengatasi Kebakaran Hutan

Jokowi: Kami Melakukan Segala Upaya untuk Mengatasi Kebakaran Hutan


Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengklaim pemerintah telah melakukan segala upaya untuk mengatasi kebakaran hutan di Provinsi Riau, mulai dari pemadaman langsung, pemboman air, hingga modifikasi cuaca.

"Kami telah melakukan segala upaya," kata Presiden di Pangkalan Angkatan Udara Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, seperti dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Selasa, 17 September.

Widodo menjelaskan petugas tambahan dikerahkan untuk memadamkan api secara langsung. Sebanyak 5.600 personel telah tiba di provinsi yang diselimuti kabut asap tebal.

Selama kunjungannya, Presiden memeriksa persiapan pesawat untuk penyemaian awan di daerah yang terkena dampak kebakaran. Dia mengatakan bahwa awan yang mengandung cukup air terdeteksi di kota itu.

“[Pesawat] siap lepas landas. Kami berharap hujan akan turun hari ini karena awan ada, ”katanya.

Meskipun upaya terbaik pemerintah untuk memadamkan api, Widodo melanjutkan, upaya terbaik untuk mengambil adalah dengan mencegah hotspot dari semakin besar.

"Jadi strategi yang paling tepat adalah tindakan pencegahan sebelum insiden terjadi," Presiden menggarisbawahi.

Jokowi kemudian meminta semua pihak untuk menahan diri dari pembakaran lahan gambut atau hutan yang dapat memicu kebakaran hutan . Dia menginstruksikan penegak hukum untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran, baik dari perusahaan atau individu. "Kami telah mengambil cara hukum terhadap individu dan perusahaan," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar