Selasa, 28 Januari 2020

Kementerian Kesehatan Indonesia Meningkatkan Penanggulangan Koronavirus

Kementerian Kesehatan Indonesia Meningkatkan Penanggulangan Koronavirus


Kementerian Kesehatan Indonesia dilaporkan telah menyiapkan setidaknya tiga tindakan pencegahan yang dapat secara efektif mencegah virus corona baru menyebar ke Indonesia. 

Pertama adalah dengan meningkatkan keamanan di pintu masuk di mana sebagian besar orang asing lewat seperti bandara dan pelabuhan. Kementerian juga telah menempatkan penjaga yang dilengkapi dengan pemindai termal yang telah menjadi prosedur standar dalam menanggulangi wabah koronavirus. 

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Anung Sugihantoro mengatakan anggota kementerian sudah mulai aktif menggunakan pemindai termal, selain yang statis yang ditempatkan di gerbang masuk, untuk memeriksa penumpang di pesawat, terutama yang tiba dari China. 

"Orang-orang tidak turun dari pesawat untuk diperiksa tetapi kami yang naik," kata Anung.

Penanggulangan koronavirus kedua adalah dengan memberlakukan kartu peringatan kesehatan untuk mengendalikan dan melacak orang yang datang dari luar negeri. Kartu kesehatan secara khusus akan membantu orang-orang masuk ke rumah sakit jika gejalanya akhirnya muncul 14 hari setelah kedatangan mereka di Indonesia. 

Upaya ketiga adalah dengan meminta area khusus di celemek bandara Angkasa Pura II untuk digunakan sebagai area karantina sementara jika penumpang pesawat terbang terdeteksi.

0 komentar:

Posting Komentar