Sabtu, 23 Mei 2020

LAPAN: Idul Fitri Jatuh pada 24 Mei

LAPAN: Idul Fitri Jatuh pada 24 Mei
Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Rhorom Priyatikanto mengumumkan bahwa Idul Fitri atau Lebaran diperkirakan akan jatuh pada 24 Mei, karena bulan baru atau hilal dapat dilihat dengan mata telanjang pada 23 Mei, tepat sebelum matahari terbenam atau waktu Maghrib.

Menurut Rhorom, bulan belum bersamaan dengan matahari dan masih di bawah cakrawala pada 22 Mei sore. Konjungsi akan terjadi pada pukul 00:39 pada 23 Mei.

“Secara default, Istikmal atau menyelesaikan Ramadhan hingga 30 hari akan dilakukan. Jadi, Shawwal pertama akan jatuh pada 24 Mei, "kata astronom dan astrofisika di Space Center LAPAN kepada  Antara di Jakarta, Jumat, 22 Mei.

Rhorom menegaskan bahwa Ramadhan 29 atau 22 Mei kemungkinan tidak akan menunjukkan hilal , namun itu akan cukup tinggi untuk dilihat pada 23 Mei. " Alhamdulillah, Shawwal tahun ini tidak menimbulkan periode kritis yang penuh dengan perbedaan potensial," katanya.

Kementerian Agama berencana mengadakan isbat atau pertemuan konfirmasi untuk memutuskan hari pertama Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri hari ini sore, 22 Mei. Menteri Fachrul Razi dijadwalkan memimpin sidang.

0 komentar:

Posting Komentar