Minggu, 18 Juni 2017

PUSHIDROSAL MENYATAKAN AKAN KEMBALI SURVEI PULAU YANG ADA DI INDONESIA

PUSHIDROSAL MENYATAKAN AKAN KEMBALI SURVEI PULAU YANG ADA DI INDONESIA

PUSHIDROSAL MENYATAKAN AKAN KEMBALI SURVEI PULAU YANG ADA DI INDONESIA
InterQQ

Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak pulau-pulau. Saat ini pula banyak pihak yang ingin menyiapkan dan juga mneyediakan data serta informasi Hidro-Oseanografi yang nantinya akan digunakan untuk kepentigan TNI ataupun umum. Sejumlah pihak seperti Pusat Hirdrografi dan diikuti oleh Oseanografi Angkatan laut ( Pushidrosal) juga nantinya ikut dalam mendata jumlah pulau yang ada. 

Harjo Susmoro yang selaku Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi AL Laksamana Muda TNI juga mengatakan "Pushidros ini adalah termasuk dalam tim nasional penamaan rupa bumi. Jadi nantinya kita akan menghadiri rapat internasional yang ada di PBB yang bertujuan untuk membahas pulau-pulau yang belum ada namanya," ujarnya.

Nantinya Harjo juga akan datang bersama dengan rombongan untuk mengispeksi serta juga mengevaluasi pelaksanaan survei hidrografi yang ada di perairan Sulawesi Utara yang berlangsung selama 2 bulan. Harjo menyatakan kalau survei dan juga penamaan pulau merupakan bagian terpenting karena ini menyangkut kandungan yang ada di dalam perut bumi. Ini juga terkait dalam pulau terluar yang akan menjadi perbatasan Indonesia yang terkait dengan kedaulatan Indonesia. 

Dia menyatakan kalau saat ini jumlah pulau terus berkembang dan akan selalu dibutuhkan dalam pemutakhiran data. "Dari Pushidrosal data yang kita punya terakhir ada 17.499 pulau. Akan tetapi dalam survei terakhir menyatakan kalau ada lagi satu pulau yang ditemukan dan totalnya menjadi 17500 pulau," tuturnya.

Pada saat ke Bitung, Kapushidrosal juga memberikan kuliah umum kepada ratusan siswa Politeknik Kelautan dan Perikanan Bitung. Di hadapan Ratusan Siswa ini Dia juga memberikan banyak pertanyaan tentang kelautan , kepulauan dan juga perikanan. Salah satu pertanyaanya adalah, Berapa banyak negara yang berbatasan dengan wilayah Indonesia?. 

Akan tetapi pertanyaan ini banyak yang ragu menjawabnya, Beberapanya menjawab tiga,lima dan tujuh. Namun jawaban yang benar adalah 10 negara, yakni  India, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Papua Nugini, Australia, Republik Palau dan Timor Leste, ujarnya.




1 komentar: