Jumat, 22 Februari 2019

SpaceX Rocket Diluncurkan Dengan Membawa Lunar Lander pertama Israel

SpaceX Rocket Diluncurkan Dengan Membawa Lunar Lander pertama Israel

SpaceX Rocket Diluncurkan Dengan Membawa Lunar Lander pertama Israel

Sebuah roket SpaceX Falcon 9 meluncur dari Florida pada Kamis malam membawa pendarat bulan pertama Israel pada sebuah misi yang jika berhasil akan menjadikan negara Yahudi itu satu-satunya negara keempat yang pernah mencapai touchdown terkontrol di permukaan bulan. .

Pendarat robot tak berawak yang dijuluki Beresheet - bahasa Ibrani untuk frasa Alkitab "pada awalnya" - melonjak ke ruang angkasa dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral sekitar pukul 8:45 malam EST (0145 GMT Jumat) di atas roket setinggi 23 lantai.

Beresheet, seukuran mesin pencuci piring, adalah salah satu dari tiga muatan yang dibawa tinggi-tinggi oleh Falcon 9, bagian dari armada roket swasta milik pengusaha miliarder, perusahaan SpaceX, perusahaan yang berbasis di California, SpaceX.

Dua muatan lainnya yang ditetapkan untuk ditempatkan adalah satelit telekomunikasi untuk Indonesia dan satelit eksperimental untuk Angkatan Udara AS.

Beresheet dijadwalkan akan dilepaskan ke orbit Bumi sekitar 34 menit setelah peluncuran, diikuti 15 menit kemudian oleh penyebaran dua satelit.

Hanya beberapa menit setelah ledakan, pendorong utama suborbital sembilan-mesin Falcon 9 yang terpisah dari panggung atas, terbang kembali ke Bumi dan mendarat dengan selamat di kapal drone yang mengambang di Samudra Atlantik di lepas pantai Florida.

Jika semuanya berjalan sesuai rencana untuk Beresheet, pendarat akan tiba di sisi dekat bulan pada pertengahan April setelah perjalanan dua bulan melalui 4 juta mil (6,5 juta km) ruang. Jalur penerbangan langsung dari Bumi ke bulan akan mencakup kira-kira 240.000 mil (386.242 km).

Setelah dikerahkan, pesawat ruang angkasa akan memasuki orbit Bumi yang secara bertahap melebar yang pada akhirnya akan membawa probe dalam tarikan gravitasi bulan, mengatur panggung untuk serangkaian manuver tambahan yang mengarah ke touchdown otomatis.

1 komentar:

  1. Ayo segera bergabung dengan kami di IONpk.org>:)
    add pin bb 58ab14f5
    Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama WWW.IONPK.ORG. :)

    BalasHapus