Sabtu, 01 Juni 2019

Putin Rusia Dan Abe Jepang Akan Bertemu Pada 29 Juni

Putin Rusia Dan Abe Jepang Akan Bertemu Pada 29 Juni


Presiden Rusia Vladimir Putin dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe akan mengadakan pertemuan puncak pada 29 Juni, ketika Putin mengunjungi Jepang untuk pertemuan para pemimpin Kelompok 20 negara, Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan pada hari Jumat, 31 Mei

Para pejabat senior dan para pemimpin politik dari kedua negara telah sering mengadakan pembicaraan dalam beberapa bulan terakhir untuk membahas cara-cara untuk mengakhiri sengketa teritorial yang telah berlangsung puluhan tahun dan membuat perjanjian damai.

"Dengan mata tertuju pada pertemuan puncak Rusia-Jepang pada saat KTT G20 di Osaka, kami melakukan pengecekan pada keadaan kemajuan dalam hubungan Rusia-Jepang," kata Lavrov kepada wartawan setelah bertemu dengan rekannya dari Jepang, Taro Kono.

Komentar Lavrov, dalam bahasa Rusia, diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang pada konferensi pers bersama dengan Kono.

Jepang mengklaim serangkaian kepulauan Pasifik barat yang dikontrol Rusia, yang disebut Wilayah Utara di Jepang dan Kuril Selatan di Rusia.

Pertikaian teritorial atas rantai pulau, yang direbut oleh pasukan Soviet pada akhir Perang Dunia II, telah mengganggu hubungan diplomatik sejak saat itu, menghalangi perjanjian perdamaian formal antara kedua negara.

Lavrov juga mengatakan pembicaraan dengan Jepang mengenai lima proyek kegiatan ekonomi bersama di pulau-pulau yang disengketakan berjalan dengan baik, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Abe dan Putin pada tahun 2016 setuju untuk memulai pembicaraan tentang kegiatan ekonomi bersama di pulau-pulau itu sebagai langkah menuju penyelesaian perjanjian damai.

0 komentar:

Posting Komentar