Minggu, 01 Desember 2019

Pemerintah akan Menciptakan 20 juta Area Konservasi Air Hektar

Pemerintah akan Menciptakan 20 juta Area Konservasi Air Hektar


Kementerian Kelautan dan Perikanan telah menguraikan tujuan menciptakan 20 juta hektar kawasan konservasi air pada tahun 2020.

“Melalui penciptaan 20 juta hektar kawasan konservasi air, Indonesia akan memberikan kontribusi positif bagi dunia dalam hal perubahan iklim dan memastikan mata pencaharian bagi 60 persen masyarakat pesisir," Suseno, staf ahli kementerian untuk urusan publik dan hubungan antar lembaga , komentar pada Jumat malam.

Target tersebut mengindikasikan kepemimpinan Indonesia dalam urusan kelautan global karena diberkahi dengan sumber daya kelautan yang berlimpah dibandingkan dengan negara lain, katanya.

Dia menggarisbawahi pentingnya kawasan konservasi air yang melestarikan ekosistem laut, memitigasi dampak perubahan iklim, dan melibatkan anggota masyarakat pesisir dalam mengelola kawasan itu.

Para ahli dan praktisi berada di halaman yang sama bahwa kawasan konservasi air adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi ancaman terhadap ekosistem pesisir dan melindungi habitat ikan yang penting untuk membantu mereka berkembang dan menemukan makanan dan dengan demikian bermanfaat bagi penduduk terdekat, ungkapnya.

Kawasan konservasi air akan menjaga sumber daya laut dan memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat lokal dan pemerintah melalui pengembangan wisata bahari, antara lain, katanya.

"Tiga pesan untuk semua adalah bahwa kita diizinkan mengembangkan ekonomi untuk laut tetapi poin terpenting adalah mana di antara mereka yang dapat diadopsi tanpa merusak lingkungan," katanya tanpa menjelaskan lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar