Sabtu, 11 April 2020

KAI Mengoperasikan 7 Kereta Jarak Jauh dari Jakarta selama PSBB

KAI Mengoperasikan 7 Kereta Jarak Jauh dari Jakarta selama PSBB


Perusahaan kereta api negara PT Kereta Api Indonesia ( KAI ) telah melakukan penyesuaian jam operasional kereta api yang berangkat dari Jakarta. Hal ini dilakukan setelah diberlakukannya pembatasan sosial skala besar (PSBB) di ibukota untuk mengekang jejak coronavirus (Covid-19).

Sampai hari ini, 10 April, hingga 23 April, hanya ada tujuh kereta jarak jauh yang berangkat dari Wilayah Operasi Jakarta 1, dengan waktu operasional yang lebih singkat.

Selain diberlakukannya kebijakan PSBB di Jakarta, Kepala Hubungan Masyarakat Area Operasi 1 KAI Jakarta, Eva Chairunisa, menyatakan bahwa penyesuaian juga dilakukan karena penurunan penumpang kereta jarak jauh di Wilayah Operasi Jakarta 1.

"Penurunannya sekitar 80 persen," kata Eva Chairunisa, pada hari Kamis, 9 April 2020.

Lima dari tujuh kereta jarak jauh dari Jakarta berangkat dari Stasiun Gambir, dan menuju ke Bandung, Cirebon, dan Surabaya, sebagai tujuan akhirnya. Dua kereta berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan menuju ke Purwokerto dan Surabaya.

"Kereta hanya beroperasi dari pukul 6: 00-18: 00 waktu setempat," tambah Eva.

Pembatasan jam operasional juga berlaku untuk layanan loket di stasiun, karena layanan hanya beroperasi hingga pukul 16:00 Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Sebagai hasil dari diberlakukannya PSBB di Jakarta, 63 kereta secara total telah dikeluarkan dari operasi, dari 10 April hingga 23 April.

Lebih khusus lagi, 35 kereta dari Stasiun Gambir, 25 kereta dari Stasiun Pasar Senen, dan 3 kereta dari Stasiun Jakarta Kota. Biaya tiket akan dikembalikan sepenuhnya oleh PT KAI untuk penumpang yang terkena dampak pengurangan perjalanan kereta api.

Inilah tujuh kereta jarak jauh yang berangkat dari Jakarta pada 10-23 April.

KA 44 Argo Parahyangan Excellence (Gambir - Bandung) berangkat pukul 15:40 WIB

KA 7030A Argo Parahyangan (Gambir - Kiaracondong) berangkat pukul 07:50 WIB.

KA 24 Argo Cheribon (Gambir - Cirebon) berangkat pukul 12.20 WIB.

KA 34 Argo Cheribon (Gambir - Cirebon) berangkat pukul 07:30 WIB.

KA 72 Bima (Gambir - Surabaya Gubeng) berangkat pukul 16:40 WIB.

KA 256A Kereta Kertajaya (Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi) berangkat pukul 14:15 WIB.

KA 322 Serayu (Pasar Senen - Purwokerto via Kiaracondong) berangkat pukul 09:15 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar